Breaking News
Loading...
Jumat, 19 Juni 2009

ALAT PENGHEMAT LISTRIK

Nama alat ini sudah umum didengar oleh masyarakat, bahkan sudah banyak yang menggunakan. Dalam rumah tangga biasanya menggunakan peralatan-peralatan listrik seperti : lemari es, AC, mesin pompa air listrik, lampu neon. Alat-alat seperti menggunakan motor listrik yang didalam nya terdapat kumparan-kumparan kawat tembaga.

Sehingga peralatan-peralatan ini bisa disebut juga dengan beban induktif dan pada saat digunakan dapat menimbulkan arus induktif pada jaringan intalasi lisrik rumah dan mempengaruhi faktor kerja (cosphi)

Fungsi pemasangan alat ini adalah untuk meningkatkan nilai faktor kerja (cosphi) pada instalasi listrik. Karena di indonesia saat ini faktor kerja (cosphi) baru mencapai 0,85. Dengan menggunakan alat ini yang komponen intinya adalah Kondensator(Kapasitor)
maka akan menimbulkan arus kapasitif yang dapat mengurangi arus induktif pada jaringan instalasi listrik, sehingga dapat memperbaiki faktor kerja (cosphi).

Daya listrik yang biasa digunakan pada jaringan instalasi listrik disebut dengan daya nyata yang dipengaruhi oleh faktor kerja (cosphi) dalam satuan (Watt)
dan ditulis dengan rumus seperti ini. Watt= VxAxCosphi
dimana V = Tegangan listrik (Volt)
A = Arus listrik (Ampere)
sedangkan daya yang terpasang/daya semu (dari PLN) dalam satuan Volt-Ampere (VA)
untuk menghitung daya nya :
-misalkan daya semu 1300 VA maka daya nyatanya (watt) = VxAxCosphi
= 1300x0,85
= 1105 watt
Jadi Ada kehilangan daya listrik sebesar 195 watt.

Jika dengan menggunakan alat ini dapat menghasilkan daya nyata sebesar 1200 watt
maka kenaikan faktor kerja sebsar 0,92. Dengan menggunakan alat ini ada kelebihan daya sebesar 95 watt yang masih dapat digunakan oleh peralatan listrik lainnya.

Pada pemakaian skala rumah tangga yang daya listrik tidak besar, tidak terlampau berpengaruh pada besarnya pemakaian biaya listrik. Jika dibandingkan dengan industri, yang biasanya alat ini disebut dengan KAPASITOR BANK.

"Semoga bermanfaat"

5 komentar:

  1. bener tuh, tp ada juga gunanya biar listrik dirumah gak turun.

    BalasHapus
  2. apakah dengan penambahan kapasitor ini akan menimbulkan kerugian pada PLN?

    BalasHapus
  3. Apa sebab power factor/cosphi bisa drop/turun?

    BalasHapus
  4. bagaimana menentukan kapasitas kapasitor(kondensatornya)? Dan bagaimana rangkaian listriknya ?. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  5. rangkaian kapasitor/rangkaian diagram kapasitornya gimanagan

    BalasHapus

 
Toggle Footer